Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G, Agar Nikmati Internet Ngebut

Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G, Agar Nikmati Internet Ngebut

Jakarta, CNBC Indonesia – Jaringan internet super ngebut sudah bisa dinikmati di Indonesia. Ini karena Telkomsel sudah meluncurkan jaringan seluler generasi selanjutnya ini.

Jika kamu ingin mencicipi menggunakan jaringan ngebut itu, kamu harus ikuti sejumlah langkah ini. Pertama, pastikan smartphone yang digunakan sudah mendukung 5G. Khusus untuk Telkomsel harus kompatibel di frekuensi N40 yakni 2.300-2400 MHz.

Selain itu kamu tak perlu mengganti kartu SIM asalkan sudah menggunakan kartu SIM 4G. Ini jelas berbeda saat peralihan 3G dan 4G yang membutuhkan penggantian SIM Card.

“Untuk saat ini jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G,” kata Direktur Utama Telkomsel saat itu, Setyanto Hantoro, beberapa waktu lalu.

Untuk saat ini, 5G Telkomsel belum bisa dinikmati seluruh masyarakat Indonesia. Operator itu baru menggelarnya di sejumlah wilayah saja. Jadi bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman menggunakan 5G harus ada di wilayah-wilayah tersebut.

Jika kamu di Jabodetabek, jaringan 5G Telkomsel baru bisa digunakan dalam beberapa wilayah saja. Misalnya Kelapa Gading ada di Gading Pandawa, Gading Harmony, dan Villa Gading Indah.

Lalu ada pula Pondok Indah (Pondok Indah Town House dan Perumahan Pondok Indah), Pantai Indah Kapuk (Bukit Gold Mediterania, Komplek Johar, dan Golf Coast PIK), Bumi Serpong Damai (Boulevard BSD, Puspita Loka CLuster, dan Provence Parland), Widya Chandra (Komplek Widya Chandra dan Perumahan Dinas Menteri Widya Chandra), dan Alam Sutera (Kunciran Mas, Griya Sutera dan Sutera Lavender).

Di luar Jabodetabek pun juga ada beberapa kota yang sudah dapat menjajal 5G. Yakni di Solo, Bandung, Batam, Medan, Surabaya, Makassar, Denpasar serta Balikpapan.

Sementara itu, melansir laman helpforsmartphone untuk mengganti jaringan ke 5G pada ponsel Samsung bisa dengan masuk ke Settings. Lalu pilih Connections dan tekan menu Mobile Networks.

Pilih menu NEtwork Mode, terakhir tekan pilihan yang diinginkan. Akan ada pilihan 5G/4G/3G/2G (autoconnect) di bagian atas.

Saat peluncuran, Telkomsel juga sudah merilis paket data 5G yang hanya bisa didapatkan oleh pelanggan operator seluler itu melalui sistem undangan. Paket itu mendapatkan 126GB dengan harga Rp26 ribu yang berlaku hingga 26 Juli 2021.


Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul “Cara Mengubah Jaringan 4G ke 5G, Agar Nikmati Internet Ngebut”, Klik untuk baca: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210531115902-37-249485/cara-mengubah-jaringan-4g-ke-5g-agar-nikmati-internet-ngebut